Penyakit Kelamin Sipilis, Gonore, dan Kutil Kelamin

Penyakit kelamin memanglah sangat menyiksa dan membuat kita jadi salah tingkah. Mau berobat ke dokter malu, kalau tidak diobati semakin parah. Betul tidak?

penyakit kelamin

Apa saja sih penyakit kelamin yang sering di derita oleh penduduk Indonesia? Pada artikel kali ini kebetulan kami akan membahas tentang beberapa penyakit kelamin yang paling sering di derita oleh orang Indonesia baik pria maupun wanita.

3 Penyakit Kelamin Yang Sering Di Derita Orang Indonesia

Langsung saja kita bahas satu persatu mengenai panyakit kelamin atau yang sering disebut juga dengan penyakit menular seksual.

Sipilis

Ya sipilis, mungkin banyak diantara kalian yang sudah mendengar tentang apa itu penyakit sipilis. Penyakit sipilis (Shyphilis) atau sering di sebut raja singa (bukan simba ya), adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Treponema Pallidum.

Bakteri ini dapat menular dengan cepat apabila terjadi kontak langsung dengan penderita sipilis. Paling banyak menular melalui hubungan seksual, baik oral, anal, maupun vaginal.

Sipilis tidak hanya menyerang pasangan pria dan wanita. Namun hampir 40% penderita sipilis adalah dari pasangan sesama jenis dan tukar menukar alat bantu seks (seks toy).

Bakteri treponema pallidum tidak bisa hidup di luar tubuh. Jadi penyakit sipilis ini tidak bisa menular dari makanan, tukar menukar pakaian, air atau kolam renang, toilet, dll.

Penyebab Raja Singa

Seperti disebutkan sebelumnya, penyebab sipilis paling banyak terjadi akibat aktivitas seksual yang tidak sehat. Diantaranya yaitu dengan bergonti-ganti pasangan tanpa menggunakan alat kontrasepsi atau pengaman. Tidak menjaga kebersihan alat vital, dan dengan menggunakan alat bantu seksual bersama-sama.

Baca Juga  Ciri Ciri Sipilis dan Akibat Sipilis Jika Tidak Diobati

Selain itu juga akibat penggunaan jarum suntik yang tidak steril, biasanya dilakukan oleh pengguna narkoba, piercing dan tattoo.

Penyakit sipilis juga bisa menular dari seorang ibu yang terinfeksi sipilis dan kemudian menularkan kepada bayi yang sedang di kandungnya.

Gejala penyakit raja singa

Seperti kebanyakan penyakit menular seksual, sipilis memiliki ciri yang sangat bervariasi. Penyakit sipilis atau raja singa memiliki 4 fase infeksi, yaitu fase primer, fase sekunder, fase laten dan fase tersier. Pada umumnya tanda tanda atau gejala sipilis adalah :

  • Luka pada penis atau vagina.
  • Sakit saat kencing, terasa panas dan perih.
  • Kencing keruh, bercampur nanah, berwarna kuning kehijauan, kadang disertai darah.
  • Gatal di sekitar alat kelamin.
  • Rasa sakit yang dialami selama hubungan seksual atau saat buang air kecil. Rasa sakit seperti tertusuk atau terbakar atau nyeri di daerah panggul.
  • Luka chancre yang biasanya tidak menimbullan rasa sakit, luka merah muncul di area genital, anus, mulut, lidah atau tenggorokan.
  • Nyeri di dalam dan di sekitar anus ataau tenggorokan, akibat dari aktivitas anal dan oral seks.
  • Munculnya luka lecet di sekitar kelamin yang berubah menjadi koreng.
  • Ada luka merah bersisik di telapak tangan atau telapak kaki.
  • Dalam beberapa kasus infeksi, urin berubah warna menjadi pekat.
  • Bagian putih mata, kuku dan kulit juga bisa berubah menjadi kekuningan.
  • Tanda-tanda umum seperti demam, melemahnya tubuh (letih) dan nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening, penurunan berat badan, infeksi berulang, berkeringat di malam hari dan kelelahan.

Sipilis atau raja singa bila tidak segera diobati bisa menyebabkan kanker serviks, HIV/Aids, dan juga bisa berakibat fatal berupa kematian.


Gambar Penyakit Sipilis


penyakit sipilis

Gb. Sipilis di Area Alat Vital

 

penyakit shyphilis
Gambar Penyakit Sipilis atau Raja Singa

Gonore

kencing nanah

Apa Itu Gonore atau Kencing Nanah?

Gonore adalah penyakit menular seksual (PMS). Ini disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae. Ini cenderung menginfeksi daerah lembab yang hangat dan lembab, termasuk:

  • uretra
  • mata
  • tenggorokan
  • vagina
  • dubur
  • saluran reproduksi wanita (tuba falopi, serviks, dan rahim).
Baca Juga  Apa Sajakah Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Pria dan Wanita?

Penyakit Kelamin Gonore menular dari orang ke orang melalui seks oral, anal, atau vaginal tanpa kondom. Orang dengan banyak pasangan seksual atau mereka yang tidak menggunakan kondom berisiko besar terinfeksi. Perlindungan terbaik terhadap infeksi adalah pantangan, monogami (seks dengan hanya satu pasangan), dan penggunaan kondom yang tepat. Perilaku yang membuat seseorang lebih cenderung terlibat dalam hubungan seks tanpa kondom juga meningkatkan kemungkinan infeksi. Perilaku ini termasuk penyalahgunaan alkohol dan penyalahgunaan obat terlarang, terutama penggunaan obat intravena.

Gejala gonore

Gejala biasanya terjadi dalam dua sampai 14 hari setelah terpapar. Namun, beberapa orang yang terinfeksi gonore tidak pernah mengalami gejala yang nyata. Penting untuk diingat bahwa seseorang dengan gonore yang tidak memiliki gejala, juga disebut pembawa nonsymptomatic, masih menular. Seseorang lebih cenderung menyebarkan infeksi ke pasangan lain bila tidak memiliki gejala yang nyata.

Gejala pada pria

Pria mungkin tidak mengalami gejala yang nyata selama beberapa minggu. Beberapa pria mungkin tidak pernah mengalami gejala penyakit kelamin ini.

Biasanya, infeksi mulai menunjukkan gejala seminggu setelah penularannya. Gejala pertama yang terlihat pada pria seringkali merupakan sensasi terbakar atau menyakitkan saat buang air kecil. Seiring perkembangannya, gejala lainnya mungkin termasuk:

  • Frekuensi atau urgensi kencing yang lebih besar
  • cairan seperti nanah (atau tetesan) dari penis (putih, kuning, krem, atau kehijauan)
  • bengkak atau kemerahan pada saat pembukaan penis
  • bengkak atau nyeri pada buah pelir
  • sakit tenggorokan yang terus-menerus

Infeksi akan tinggal di dalam tubuh selama beberapa minggu setelah gejala tersebut diobati. Dalam kasus yang jarang terjadi, gonore dapat terus menyebabkan kerusakan pada tubuh, khususnya uretra dan testikel. Nyeri juga bisa menyebar ke rektum.

Gejala pada wanita

Banyak wanita tidak mengembangkan gejala gonore secara terbuka. Ketika wanita mengalami gejala, mereka cenderung ringan atau serupa dengan infeksi lain, membuat wanita lebih sulit dikenali. Infeksi gonore bisa tampak seperti ragi vagina atau infeksi bakteri.

Baca Juga  Apa Itu Sipilis? Ulasan singkat tentang sipilis yang perlu anda tahu

Gejalanya meliputi:

  • keluar dari vagina (berair, krem, atau sedikit hijau)
  • Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil
  • Kebutuhan untuk buang air kecil lebih sering
  • periode yang lebih berat atau bercak
  • sakit tenggorokan
  • Rasa sakit saat terlibat dalam hubungan seksual
  • Nyeri yang tajam di perut bagian bawah
  • demam

Itulah beberapa ulasan singkat tentang gonore. Lanjut ke pembahasan yang ketiga adalah penyakit kutil kelamin.

kutil kelamin

Kutil Kelamin

Kutil kelamin (condyloma acuminata) disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), yang memiliki lebih dari 100 strain yang berbeda. Subtipe angka 6 dan 11 menyebabkan 90% genital warts dan dianggap berisiko rendah karena sangat jarang akan menyebabkan kanker genital atau dubur. Di sisi lain, subtipe 16 dan 18, misalnya, dianggap berisiko tinggi karena, walaupun jarang menyebabkan genital warts, mereka dapat menyebabkan precancer dan kanker serviks atau dubur.

HPV menyebar melalui kontak kulit-ke-kulit selama aktivitas seksual; Tidak perlu melakukan hubungan seks vaginal atau dubur untuk menyebarkan infeksi. Kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak akan memiliki gejala dan akan membersihkan infeksi mereka sendiri. Bagi orang yang mennderita kutil kelamin, ada banyak pilihan untuk perawatan, yang kesemuanya dimaksudkan untuk menghilangkan kutil yang terlihat.

Tanda dan Gejala Kutil Kelamin

Kutil kelamin muncul sebagai benjolan kulit berwarna bulat dengan berbagai ukuran. Mereka bisa halus dan datar atau kembang kol-seperti dengan tangkai kecil. Mereka bisa dilihat di labia, vagina, penis, skrotum, anus, kulit sekitar anus, dan uretra. Kutil biasanya tidak menimbulkan gejala apapun, meski kutil bisa berdarah dan menjadi sakit dengan hubungan intim jika berada di dalam vagina.

Diatas sudah kami bahas mengenai penyakit kelamin yang sering di derita oleh orang Indonesia, silahkan share artikel ini jika memang bermanfaat. Terima kasih 🙂

Obat Sipilis

KLIK GAMBAR DI ATAS UNTUK INFORMASI OBAT SIPILIS, KENCING NANAH, KUTIL KELAMIN HERBAL